Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 30 Sijunjung
Main Author: | Azirni, Azirni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6576/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6576/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6576/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6576/4/12050050%20AZIRNI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6576/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang berusaha mengerjakan latihan sendiri dan sebagian siswa hanya menyalin pekerjaan temannya serta pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer lebih baik daripada pemahaman konsep siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 30 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 30 Sijunjung. Sampel penelitian adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir belajar yang memuat indikator pemahaman konsep. Tes akhir berupa soal essay dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,9. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan uji t satu pihak, diperoleh thitung = 1,78 dan ttabel = 1,69, karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 30 Sijunjung.