Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivisme pada Materi Matriks untuk Kelas XI SMAN 3 Padang
Main Author: | Aulia, Rahmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6574/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6574/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6574/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6574/4/12050025%20AULIA%20RAHMI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6574/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih banyaknya materi yang belum dipahami siswa, salah satunya adalah matriks. Siswa mengalami kesulitan memahami materi yang ada pada buku teks karena dalam buku tersebut terlalu banyak masalah-masalah yang diberikan tampa mengarahkan siswa ke inti konsep yang harus dikuasai. LKS yang biasa digunakan juga belum memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuanya sendiri. Siswa cenderung menghapal rumus dan tidak berfikir kritis dalam belajar. Untuk mengembangkan pengetahuan siswa dibutuhkan bahan ajar pendamping berupa lembar kegiatan siswa (LKS) dengan pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis konstruktivisme untuk materi matriks siswa kelas XI SMAN 3 Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan Model 4-D. Model 4-D terdiri dari tahap define, design, development, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu tahap define, design dan development. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, mereview literatur, analisis karakteristik siswa serta wawancara guru dan siswa. Tahap design yaitu perancangan LKS. Tahap development yaitu mengembangkan LKS dan dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas, instrumen yang digunakan untuk validitas yaitu instrumen lembar validasi sedangkan instrumen yang digunakan untuk praktikalitas yaitu instrumen lembar praktikalitas, pedoman wawancara guru dan siswa. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validitas LKS berbasis konstruktivisme pada kriteria valid dengan persentase 77,07%. Uji praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis dengan persentase 91,68% dan uji praktikalitas oleh siswa pada kriteria sangat praktis dengan persentase 91,90%. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis konstruktivisme untuk materi matriks sudah valid dan sangat praktis.