Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Bulat untuk Siswa Kelas VII MTsN Kuranji Padang

Main Author: Fathul, Rahmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6571/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6571/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6571/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6571/4/12050018%20FATHUL%20RAHMI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6571/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih banyaknya materi yang belum dipahami siswa, salah satunya adalah menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat. Buku sumber yang digunakan selama ini pada proses belajar mengajar belum mampu membantu siswa untuk memahami suatu konsep. Siswa cenderung menghapal rumus dan tidak berfikir kritis dalam belajar. Untuk mengembangkan pengetahuan siswa dibutuhkan bahan ajar pendamping berupa lembar kegiatan siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis kontekstual untuk materi menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat untuk siswa kelas VII MTsN Kuranji Padang yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan Model 4-D. Model 4-D terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu tahap Define, Design dan Development. Pada tahap development dilakukan sampai efektivitas, yang diuji cobakan dalam satu kelas. Hasil validitas LKS berbasis kontekstual pada kriteria sangat valid dengan persentase 85,07%. Uji praktikalitas oleh guru pada kriteria praktis dengan persentase 75,90% dan uji praktikalitas oleh siswa pada kriteria sangat praktis dengan persentase 81,25%. Uji efektivitas LKS diperoleh keefektifan LKS berbasis kontekstual sedang dengan nilai 0,5. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis kontekstual untuk materi menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat sudah valid, praktis dan efektif.