Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Winda, Okfita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6553/1/14010210%20%20WINDA%20OKFITA%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6553/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6553/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6553/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6553/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena ditemukannya permasalahan yaitu penggunaan pembelajaran bersifat satu arah yang menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di SMAN 2 Sungai Limau. Oleh sebab itu, dalam proses pembelajaran diterapkan model Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBI terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI SMAN 2 Sungai Limau pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Randomized Control Group Postest Only Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Sungai Limau Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling sehingga terpilih kelas eksperimen XI IPA1 dan kelas kontrol XI IPA3. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji-t, dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan taraf α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata ranah afektif kelas eksperimen 72,04 dan kelas kontrol 69,72, hasil uji t didapatkan (H0). Penilaian ranah kognitif kelas eksperimen 59,3 dan kelas kontrol 46,4 hasil uji t didapatkan (H1). Penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen 54,2 dan kelas kontrol 65,40. hasil uji t didapatkan (H0). Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 2 Sungai Limau pada ranah kognitif, sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor tidak terdapat perbedaan hasil belajar.