The Implementation of Autonomy Learning in Students’ Learning English Activity at Tenth Grade of SMA PGRI 1 Padang in Academic Year 2017/ 2018

Main Author: Elia, Roza Fransiska
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6550/2/SKRIPSI%20ELIA%20ROZA%20FRANSISKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6550/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6550/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6550/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6550/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kemandirian belajar siswa didalam aktivitas pembelajaran bahasa inggris. Participant dari penelitian ini adalah siswa Jurusan IPA dan IPS kelas X di SMA PGRI 1 Padang yang berjumlah 136 orang siswa yang terbagi kedalam 6 kelas. Dalam menentukan participant, peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling karena peneliti hanya meneliti kelas yang menerap kan kemandirian belajar sehingga diperoleh participant yang berjumlah 3 kelas yaitukelas X IPA 3, X IPS 1, X IPS 3 yang berjumlah 12 orang siswa yang diteliti.Teknikpengumpulan data dengan menggunakan video record, field note, dan interview, kemudian dilihat dan dianalisa berdasarkan bagaimana penerapan kemandirian belajar siswa di masing masing kelas didalam proses aktivitas pembelajaran bahasa inggris, dan hasil penelitian menunjukan bahwa setiap siswa dari 3 kelas yang telah diteliti memiliki kemandirian belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa dapat mengimplementasikan kemandirian belajardi dalam proses aktifitas pembelajaran bahasa inggris. Kata Kunci: Autonomy Learning, Penerapan, Kurikulum 2013.