Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Contextual Teaching and Learning (CTL) Disertai Media Asli Kepada Siswa Kelas VIII SMPN 1 IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman Terhadap Hasil Belajar Biologi
Main Author: | Arnila, Tusa’ Diah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6546/1/14010208%20%20ARNILA%20TUSA%E2%80%99%20DIAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6546/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6546/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6546/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6546/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya yaitu proses pembelajaran masih terpusat pada guru, model dan media yang digunakan tidak bervariasi ditambah sumber belajar berupa buku paket yang dipinjamkan tidak mencukupi jumlah siswa, menyebabkan kurangnya keaktivan siswa dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan masalah tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai media asli kepada siswa kelas VIII SMPN 1 IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman terhadap hasil belajar biologi pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 IV Koto Aur Malintang. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling sehingga terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII 1 dan kelas kontrol adalah kelas VIII 2. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu soal tes tertulis dengan bentuk objektif sebanyak 30 butir soal, untuk ranah afektif digunakan lembar observasi dan ranah psikomotor melalui penilaian lembar hasil diskusi. Teknik analisis data ranah kognitif menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 65,12 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 64,78. Hasil analisis pada uji normalitas diperoleh L0 (0,082) < Ltabel (0,161), sedangkan pada hasil analisis uji homogenitas diperoleh Fhitung (0,82)<Ftabel (1,84). Hasil analisis data tersebut diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung (0,79) ˂ ttabel (1,67) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini ditolak. Pada ranah afektif diperoleh nilai afektif siswa pada kelas eksperimen yaitu B (72,72) dan kelas kontrol yaitu D (52.28), sedangkan pada ranah psikomotor diperoleh nilai keterampilan pada kelas eksperimen yaitu C (66,94) dan kelas kontrol yaitu D (50,81). Jadi penerapan model pembelajaran kooperatif Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai media asli kepada siswa kelas VIII SMPN 1 IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman belum dapat meningkatkan hasil belajar biologi.