Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Yossi, Yossi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6540/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6540/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6540/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6540/4/11050191%20YOSSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6540/ |
Daftar Isi:
- malu bertanya kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 4 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 4 Tarusan Tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas eksperimen adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir belajar dalam bentuk esai teknik analisis yang digunaka adalah uji-t. Hasil analisis diperoleh rata-rata hasil tes akhir belajar matematika siswa diketahui kedua kelas sampel berditribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan 0,05 dan hasil dari uji hipotesis diperoleh P-value adalah 0,004 artinya lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga data disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 4 Tarusan tahun pelajaran 2015/2016.