Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Rao Utara
Main Author: | Rahmad, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6531/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6531/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6531/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6531/4/11050156%20-%20RAHMAD%20NUR%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6531/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah selain itu terlihat hanya beberapa siswa yang mengikuti pelajaran dengan serius yang lainnya ada yang bermenung, kurang mendengarkan penjelasan guru. Mengatasi masalah tersebut digunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah dengan diterapkannya strategi belajar aktif tipe Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII SMP N 1 Rao Utara dan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 1 Rao Utara. Jenis penelitian adalah eksperimen, dengan Rancangan penelitian yang digunakan adalah Random Terhadap Subjek, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Rao Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel secara acak, kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitasnya 0,85. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data hasil uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh t hitung = 1,863 dan ttabel =1.68, hal ini berarti hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 1 Rao Utara.