English Department Students’ Perception on the Use of Oral Presentation in the Classroom (Study of The Second Years of English Department in STKIP PGRI Sumatera Barat)

Main Author: Daramaya, Asria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6528/1/14040133%20-%20DARAMAYA%20ASRIA%20%28THESIS%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6528/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6528/3/CHAPTER%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6528/4/REFERENCES.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6528/
Daftar Isi:
  • Presentasi oral merupakan kegiatan yang dilakukan didalam kelas, dimana setiap siswa mendapatkan giliran untuk menjadi pembicara didepan kelas. Tapi, kemampuan siswa dalam berbicara didepan umum berbeda-beda, ada yang mudah melakukan oral presentasi dengan lancar dan ada juga yang tidak mudah melakukannya. Maka dari itu, peneliti mengangkat judul tentang persepsi mahasiswa dalam penggunaan oral presentasi didalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian qualitatif dengan design deskriptif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa bahasa inggris tentang penggunana presentasi oral didalam kelas. Participant dari penelitian ini adalah mahasiswa bahasa inggris tahun kedua di STKIP PGRI Sumatera Barat, dimana mereka telah mempunyai pengalaman dalam presentasi oral sebelumnya. Dalam memilih partisipan, peneliti menggunakan teknik random sampling, dimana peneliti memilih partisipan secara acak. Peneliti melakukan wawancara lewat via telepon pada 14 partisipan. Jenis wawancaranya yang dilakukan adalah indepth semi structured interview, dimana ada empat indikator yang menjadi patokan dalam melakukan wawancara, yaitu perceiving the role of audience, the presenter feeling experience, the kind of interaction presenter anticipated, dan perceiving the oral presentation compared to written work. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa mahasiswa mempunyai dua persepsi berbeda terhadap masing-masing indikator yang ditentukan, yaitu persepsi negatif dan positif. Peneliti juga menemukan bahwa sebagian besar mahasiswa memberikan persepsi yang positif dalam penggunaan presentasi didalam kelas karena mahasiswa tersebut mendapatkan manfaat dari hasil kegiatan presentasi oral yang dilakukan berulang-ulang. Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa dan Presentasi Oral.