Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Disertai Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)Kepada Siswa Kelas XI SMA N 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam
Main Author: | Ririn, Sefriyenti Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6521/3/14010187%20RIRIN%20SEFRIYENTI%20KURNIASKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6521/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6521/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6521/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6521/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran yang bersifat satu arah dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas XI di SMA N 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Oleh sebab itu dalam proses pembelajaran diberikan model problem solving guna untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving disertai Lembar Kerja Peserta Didikkepada siswa kelas XI SMA Negeri 2Lubuk BasungKabupaten Agam pada ranah kognitif dan psikomotor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control group postest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Lubuk Basung tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling sehingga terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IPA 5 dan kelas kontrol adalah kelas IPA 2. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji-t, dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan taraf α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pada ranah kognitif kelas eksperimen adalah 58,5 dan kelas kontrol adalah 80,63, hasil uji t didapatkan th =-10,34< tt =1,67 maka H0 diterima. Penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen 73,34 sedangkan pada kelas kontrol 70,19, hasil uji t didapatkan th =0,69 < tt =1,67 maka H0 diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving disertai Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kepada Siswa Kelas XI SMA N 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, dan psikomotor.