Pengaruh Penerapan Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dalam Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 23 Padang
Main Author: | Miftahul, Rahmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6518/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6518/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6518/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6518/4/11050151%20MIFTAHUL%20RAHMI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6518/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah sehingga menyebabkan nilai matematika siswa juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model AIR lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 23 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 23 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tujuh kelas.Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah secara acak, sehingga terpilih kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes akhir.Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t satu pihak dimana tes yang digunakan adalah esai. Berdasarkan hasil analisis data mengenai pemahaman konsep matematis siswa pada kedua kelas sampel diperoleh rata-rata pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol. Dari uji hipotesis diperoleh thitung = 2,10 dan ttabel= 1,67 karena thitung > ttabel maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Jadi dapat disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model AIR lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 23 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016.