Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inkuiri Terbimbing Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Nova, Afrina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6514/3/14010183%20%20NOVA%20AFRINA%20%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6514/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6514/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6514/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6514/5/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6514/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, Siswa cenderung pasif dan kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran belum membuat siswa termotivasi dalam belajar. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inkuiri Terbimbing disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Sungai Geringging. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen X MIA 4 dan kelas kontrol X MIA 1, rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan untuk kognitif adalah tes tertulis (soal objektif sebanyak 35 butir soal), sedangkan ranah afektif berupa lembaran observasi sikap (penilaian diri dan penilaian antar teman) dan psikomotor digunakan penilaian produk (penilaian laporan dan makalah). Teknik analisis data kognitif menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95%(α=0,05) Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil belajar pada ranah kognitif siswa yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen 71,76 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 66,39. Hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung (1,68)> ttabel(1,67) hipotesis diterima, begitu juga pada ranah afektif dan psikomotor, berarti penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai media gambar penilaian pada ranah afektif, kognitif, psikomotor dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.