Factors Influencing Students Reticence to Participate in English Classroom (A Study At Twelfth Grade in MAN 3 Tanah Datar 2018/2019 Academic Year)

Main Author: Liza, Hartina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6512/3/14040107%20-%20LIZA%20HARTINA%20%28THESIS%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6512/1/ABSTRAK%20OK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6512/2/CHAPTER%20V%20OK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6512/4/REFERENCES.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6512/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya faktor yang mempengaruhi keengganan siswa dalam berpartisipasi di dalam kelas bahasaInggris di MAN 3 Tanah Datar. Bertitik tolak dari permasalahan diatas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi keengganan siswa dalam berpartisipasi di dalam kelas bahasa Inggris di MAN 3 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, partisipan dari penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 3 Tanah Datar tahun akademik 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Untuk menguji kebenaran data , peneliti menggabungkan hasil angket dan wawancara. Selanjutnya dalam melakukan analisis data , peneliti menggunakan rumus dari Ridwan (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi siswa enggan untuk berpartisipasi di dalam kelas bahasa Inggris di MAN 3 Tanah Datar adalah: 1. Hasil nilai yang rendah atau gagal, 2. Membuat kesalahan, 3.Pasangan saat tampil di kelas, 4. Kurangnya kemampuan dalam menerjemahkan, 5. Keterbatasan kosa kata, 6. Pengucapan yang tidak tepat. Kata kunci: Partisipasi, keengganan siswa.