Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara berbicara mahasiswa dikelas microteaching di STKIP PGRI Sumatera Barat. Di kelas microteaching mahasiswa dituntut untuk banyak berbicara karena microteaching merupakan matakuliah yang mengarahkan mahasiswa untuk menjadi guru nantinya. Dikelas microteaching mahasiswa dilatih untuk praktek mengajar seperti guru dan diberikan waktu yang panjang untuk berbicara sekitar 25-30 menit. Pada saat berbicara di depan kelas banyak siswa yang tidak lancar berbicara dan menggunakan pengisi yang disebut pause filler untuk menutupinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja jenis-jenis pause filler yang digunakan mahasiswa dikelas microteaching STKIP PGRI Sumatera Barat dan apa saja faktor-faktor penyebabnya. Peneliti menggunakan teknik snowball sampling untuk memilih sampel. Instrumen penelitian ini adalah video rekaman dan wawancara. Dari 4 kelas microteaching, peneliti mendapatkan 60 Sample. Dalam melakukan penelitian, peneliti menyeleksi, menganalisa, mendeskripsikan, serta mengelompokan jenis-jenis dan faktor-factor penyebab filler yang dihadapi oleh mahasiswa. Kemudian dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan jenis-jenis pause filler yang digunakan mahasiswa yaitu filler bunyi, filler kata, filler kalimat, dan pengulangan. Faktor-faktor penyebab penggunaan pause filler yaitu pemikiran yang terbagi, gerogi,keragu-raguan, dan proses berfikir . Kata kunci : filler, pause filler, pengisi kekosongan, microteaching