Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dilengkapi Peta Konsep pada Materi Ekologi untuk SMA/MA
Main Author: | Vecky, Notia Eka Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6508/1/14010182%20VECKY%20NOTIA%20EKA%20WULANDARI%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6508/4/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6508/5/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6508/6/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6508/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran biologi di kelas X MIA MAN 1 Sungai Penuh, guru dan peserta didik sudah menggunakan buku paket dan LKS. LKS yang digunakan memiliki beberapa kekurangan diantaranya tampilan gambar tidak berwarna (hitam dan putih) dan tidak memuat soal-soal evaluasi yang beragam sehingga peserta didik kurang mampu melatih kemampuan berpikir ilmiah, LKS ini tidak disusun sesuai pendekatan pembelajaran saintifik sehingga belum dapat membantu guru dalam proses pembelajaran biologi. Materi ekologi mempunyai banyak permasalahan yang peserta didik dapat temui secara nyata di lingkungan sekitar. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan maka telah dilakukan penelitian untuk pengembangan LKPD berbasis problem based learning (PBL) dilengkapi peta konsep pada materi ekologi untuk SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis problem based learning (PBL) yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and the development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Model ini terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop dan hanya pada tahap validitas dan praktikalitas, dikarenakan keterbatasan peneliti. Tahap define terdiri dari analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan perancangan LKPD berbasis problem based learning (PBL), kemudian pada tahap develop dilakukan uji validitas oleh validator yang terdiri dari 3 orang dosen dan 2 orang guru biologi MAN 1 Sungai Penuh. Uji praktikalitas oleh 3 orang praktisioner biologi dan 35 orang peserta didik kelas XI MIA MAN 1 Sungai Penuh. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa LKPD berbasis problem based learning (PBL) pada kriteria sangat valid dengan nilai 93,85%. Hasil uji praktikalitas oleh praktisioner menunjukkan LKPD berbasis problem based learning (PBL) pada kriteria sangat praktis dengan nilai 97,35%. Dan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik menunjukkan LKPD berbasis problem based learning (PBL) pada kriteria sangat praktis dengan nilai 90,96%. Berdasarkan analisis data validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis problem based learning (PBL) dilengkapi peta konsep pada materi ekologi untuk SMA/MA sangat valid dan sangat praktis.