Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Ranah Batahan
Main Author: | Suci, Atika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6505/1/14010179%20SUCI%20ATIKA%20%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6505/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6505/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6505/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6505/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu pada saat proses pembelajaran siswa kurang aktif, ketika guru menjelaskan materi hanya sebagian siswa yang menanggapi atau memberikan umpan balik mengenai materi yang diberikan oleh guru dan di dalam proses pembelajaran interaksi siswa juga kurang, kegiatan timbal balik antara guru dengan siswa kurang. Begitu juga saat melakukan diskusi banyak siswa yang kurang aktif dalam kelompok, karena di dalam satu kelompok tersebut adanya anggota yang kurang percaya diri dan menyerahkan hasilnya pada teman yang pintar saja tanpa mengusulkan satu jawaban atau pendapat, kegiatan diskusi menjadi kurang hidup, sehingga guru kurang mengetahui bagaimana pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Permasalahan tersebut berdampak terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Ranah Batahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Ranah Batahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control Group Posstest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA1 dan X MIPA2 SMA N 1 Ranah yang terdaftar tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Porposive Randome Sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada ranah afektif berupa penilaian diri dan antar teman, ranah kognitif berupa soal pilihan ganda melalui tes tertulis, dan instrumen pada ranah psikomotor berupa Makalah. Data dianalisis dengan menggunakan Uji-t dan Uji-t’. Hasil analisis pada ranah afektif hasil uji-t’ didapatkan thitung =0,14 sedangkan ttabel =1,98 berarti thitung < ttabel dengan demikian hipotesis ditolak. Pada ranah kognitif hasil tes akhir siswa dengan rata-rata kelas eksperimen 74,50 dan kelas kontrol 68,90 hasil uji-t didapatkan thitung =1,90 sedangkan ttabel =1,67 berarti thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Pada ranah Psikomotor hasil uji-t didapatkan thitung =0,09 sedangkan ttabel =1,67 berarti dengan demikian hipotesis ditolak Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Video dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif, sedangkan pada ranah afektif danpsikomotor tidak terdapat peningkatan pada hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Ranah Batahan.