The Correlation Between Students’ Perception of Teacher’s Communication Style and Their Achievement at Senior High School 1 Bukit Sundi Solok

Main Author: Monica, Jeli Utami
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6504/2/14040088%20MONICA%20JELI%20UTAMI%28THESIS%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6504/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6504/3/BAB%205.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6504/4/REFERENCES.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6504/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak korelasi antara persepsi siswa terhadap gaya mengajar guru dan hasil belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas X SMA N 1 Bukit Sundi Kabupaten solok yang berjumlah 253 orang yang terbagi ke dalam 8 kelas. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan random sampling teknik dengan mengambil 20% dari jumlah populasi sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 50 orang yang di ambil secara acak dari masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan rumus Product Moment Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai hubungan persepsi siswa dengan hasil belajar siswa sebesar rxy = 0,269 dengan tingkat hubungan rendah. (2) Angka korelasi dari hasil perhitungan tersebut peneliti memperoleh hasil thitung =1,935 yang mana lebih besar dari ttable =1,684 df = 48 taraf signifikansi 5% adalah 1,684. Maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara persepsi siswa terhadap gaya mengajar guru dengan hasil belajar siswa di SMA N 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok. Kata kunci :Gaya Mengajar Guru, Persepsi Siswa dan Hasil Belajar Siswa.