Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja harapan guru-guru terhadap capaian siswa untuk cakap dalam berbahasa Inggris. Data kualitatif dalam penelitian ini diperoleh dari 6 orang guru bahasa Inggris yang mengajar di beberapa Sekolah Menengah Atas di Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi harapan guru bahasa Inggris tentang capaian siswa yang dianggap cakap dalam berbahasa Inggris. Peneliti menggunakan purposive sampling, karena peneliti mengambil data dari guru-guru yang diwawancara sesuai dengan tujuan penelitian ini. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara. Setelah mewawancarai guru-guru tersebut, peneliti mentranskripkan rekaman dan melakukan analisa dari data yang didapatkan. Data kualitatif tersebut dianalisa secara tematis. Dari analisa data ditemukan 5 tema yang terkait dengan harapan guru tentang capaian siswa mereka untuk cakap dalam berbahasa Inggris yaitu : 1) siswa bisa berbicara bahasa Inggris dengan komunikatif, 2) siswa bisa menulis bahasa Inggris secara gramatikal dan terstruktur, 3) siswa memiliki banyak kosa kata, 4) siswa bisa menguasai empat keahlian seperti : mendengar, membaca, menulis dan berbicara, 5) siswa bisa mengaplikasikan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan apa yang mereka pahami adalah capaian dalam cakap berbahasa Inggris menggunakan bahasa Inggris secara fungsional. Kata Kunci : expectation, profiency in English