Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 05 Mukomuko Kabupaten Mukomuko

Main Author: Gizka, Meiyaningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6498/4/14010172%20GIZKA%20MEIYANINGSIH%20%20%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6498/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6498/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6498/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6498/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam belajar. Hal ini dikarenakan tidak adanya model dan kurangnya variasi media dalam proses pembelajaran. Siswa kurang aktif dan kurang berpartisipasi, hanya sebagian siswa yang berani mengeluarkan pendapat, bertanya dan menjawab pertanyaan. Gurupun lebih banyak bertindak sebagai sumber belajar, bukan sebagai fasilitator, sehingga berdampak pada hasil belajar biologi siswa yang masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 05 Mukomuko Kabupaten Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control Group Posstest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 05 Mukomuko Kabupaten Mukomuko yang terdaftar tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen dalam penelitian ini pada ranah afektif berupa observasi sikap, ranah kognitif berupa soal pilihan ganda melalui tes tertulis dan instrumen pada psikomotor berupa laporan hasil diskusi dan makalah. Teknik analisis data menggunakan uji-t . Pada ranah afektif diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 77, sedangkan kelas kontrol 67. Hasil analisis ranah afektif dengan uji-t didapatkan ttabel = 1,68 sedangkan thitung =2,33 berarti thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima (H1). Pada ranah kognitif hasil tes akhir siswa dengan rata-rata kelas eksperimen adalah 80 dan kelas kontrol adalah 73. Hasil uji-t didapatkan hipotesis thitung = 1,70, sedangkan ttabel = 2,24 berarti dengan demikian hipotesis diterima (H1). Pada ranah psikomotor untuk laporan diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 87, sedangkan kelas kontrol adalah 90,2. Hasil uji-t didapatkan ttabel 1,68 sedangkan thitung -0,87 berarti dengan demikian hipotesis ditolak (H0). Nilai rata-rata untuk makalah kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama yaitu 75, sedangkan hasil uji-t didapatkan ttabel 1,68 sedangkan thitung 0 berarti thitung < ttabel dengan demikian hipotesis ditolak (H0). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Media Gambar berpengaruh baik terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa kelas XI SMA N 05 Mukomuko Kabupaten Mukomuko pada ranah afektif dan kognitif serta tidak berpengaruh pada ranah psikomotor.