Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Tongue twister memotivasi siswa dalam belajar bahasa inggris. Tongue twister merupakan kegiatan dalam Pronunciation yang terdiri dari serangkaian kata dengan struktur dan bunyi yang serupa. Partisipan dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Tarusan. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan stratified random sampling. Dari kedua teknik tersebut, didapatkan responden sebanyak 42 siswa yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelas X MIA. Peneliti memilih 42 siswa sebagai responden yang akan mengisi angket, dan 12 siswa sebagai narasumber untuk diwawancarai. Penelitian ini dilakukan terhadap 6 kelas X MIA dimana diterapkan Tongue twister untuk memotivasi siswa dalam belajar bahasa inggris. Tongue twister diterapkan oleh guru di awal, di tengah, atau di akhir pembelajaran. Berdasarkan data yang didapatkan melalui angket dan wawancara, peneliti melakukan pengelompokkan, analisa, serta pendeskripsian. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Tongue twister memotivasi siswa dalam belajar bahasa inggris serta alasan siswa merasa termotivasi saat belajar bahasa inggris dengan diselingi Tongue twister. Kata Kunci : Tongue Twister, Motivasi Siswa, Belajar Bahasa Inggris