Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review ) Terhadap Hasil Belajar Biologi siswa kelas XI SMAN 2 Batang Kapas kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Rosi, Sriratna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6487/1/14010151%20ROSI%20SRIRATNA%20%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6487/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6487/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6487/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6487/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, proses pembelajaran di SMAN 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan masih terpusat pada guru, metode yang sering digunakan adalah ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa untuk memahami pelajaran. Masalah ini berdampak terhadap hasil belajar biologi siswa, salah satunya pada sistem ekskresi yang masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Strategi pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite dan review ) kepada siswa kelas XI SMAN 2 Batang Kapas kabupaten Pesisir Selatan terhadap hasil belajar biologi. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control group Posttest Only Design. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas XI SMAN 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajan 2017/2018. Kelas eksperimen XI IPA3 dan kelas kontrol XI IPA1 yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan ranah kognitif berupa soal objektif pilihan ganda, pada ranah afektif penilaian sikap yang dilakukan oleh observer dan ranah psikomotor berupa penilaian produk (resume). Teknik analisis data ranah kognitif menggunakan uji-t dengan kriteria thitung>ttabel, ranah afektif menggunakan uji-t dengan kriteria thitung>ttabel dan psikomotor menggunakan uji-t dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada kelas sampel yaitu Pada ranah afektif nilai rata-rata kelas eksperimen 72.44 (B) lebih tinggi dari kelas kontrol 54.74 (D). Pada ranah kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen 77.93 (B) lebih tinggi dari kelas kontrol 72.24 (B). Pada ranah psikomotor nilai rata-rata kelas eksperimen 66.82 (C) lebih rendah dari kelas kontrol 68.12 (C). Hipotesis untuk kelas sampel pada ranah kognitif dan ranah afektif diterima, pada ranah psikomotor hipotesis ditolak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XI SMAN 2 Batang Kapas kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018 pada ranah kognitif dan afektif ,sedangkan pada ranah psikomotor belum terjadi peningkatan hasil belajar.