Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Gunung Talang Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2015-2016
Main Author: | Silvia, Haryunice |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6486/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6486/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6486/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6486/4/11050122%20SILVIA%20HARYUNICE.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6486/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa kurang aktif dan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Untuk mengatasi masalah ini salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi Index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 3 Gunung Talang. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Random Terhadap Subjek, sampel diambil setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Gunung Talang Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2015-2016 yang terdiri dari 5 kelas. Kelas yang terpilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai0,94 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah essay berjumlah 5 soal dengan reliabilitas tes adalah . Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh t hitung = 1,72 dan ttabel =1.68, ini berarti hipotesis diterima pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Gunung Talang Kabupaten Solok dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 3 Gunung Talang Kabupaten Solok.