Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Untuk Materi Bilangan Bulat Pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang
Main Author: | Yelni, Herdina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6483/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6483/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6483/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6483/4/11050100%20-%20YELNI%20HERDINA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6483/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan siswa dalam proses pembelajaran yang lebih banyak didominasi oleh guru dan kurangnya kemampuan siswa dalam menghubungkan materi kedalam dunia nyata, serta LKS yang kurang menarik bagi siswa untuk mempelajarinya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dikembangkan bahan ajar berupa LKS berbasis kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis kontekstual pada materi bilangan bulat yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan model IDI. Model IDI terdiri dari tiga tahap yaitu tahap define, develop, dan evaluate. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis LKS, analisis karakteristik siswa, dan wawancara. Tahap develop yaitu merancang LKS dan validasi produk. Pada tahap develop dikembangkan LKS yang terdiri dari empat kegiatan. Tahap evaluate yaitu melakukan praktikalitas LKS dilakukan dengan menyebarkan angket kepraktisan kepada guru dan siswa, serta pedoman wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas LKS oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria sangat valid yaitu 81,85%. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh guru dikategorikan sangat praktis yaitu 81,25% dan hasil uji praktikalitas siswa menunjukkan LKSpada kriteria praktis yaitu 76%. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis kontekstual pada materi bilangan bulat yang dikembangkan valid dan praktis.