Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung disertai Everyone Is A Techer Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang
Main Author: | Rona, Lusita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6481/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6481/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6481/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6481/4/11050080%20RONA%20LUSITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6481/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah dalam pembelajaran matematika, dalam proses pembelajaran siswa tidak aktif dan banyak diam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang menggunakan penerapan model pembelajaran langsung disertai Everyone Is A Techer Here (ETH) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Random terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih adalah VII3 sebagai kelas eksperimen dan VII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir hasil belajar matematika. Bentuk tes adalah esai dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,92. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,82 dan lebih besar dari ttabel = 1,669 sehingga tolak H0 yang berarti terima H1, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran langsung disertai Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang.