Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah dan kurangnya Self-confidence dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimanakah Self-confidence siswa kelas X MIA SMAN 1 Solok Selatan dalam belajar matematika dengan menerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). 2) Apakah hasil belajar matematika siswa kels X MIA SMAN 1 Solok Selatan dengan menerapan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan Scientific. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Random terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Solok Selatan. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih adalah X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Self-confidence, dan tes akhir hasil belajar matematika dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,75. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada siswa, terdapat Self-confidence siswa sangat baik dalam belajar. Sedangkan untuk analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,20 dan lebih besar dari ttabel = 1,674 sehingga tolak H0 yang berarti terima H1, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan penerapan pedekatan Scientific pada siswa kelas X MIA SMAN 1 Solok Selatan.