Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang
Main Author: | Refni, Azirma Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6474/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6474/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6474/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6474/4/11050038%20REFNI%20AZIRMA%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6474/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan siswa tidak mau bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) lebih baik daripada hasil belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang tahun pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian, tes di uji cobakan di MTsN Kuranji Padang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t satu pihak. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada α = 0,05 didapat pada thitung = 2,07 dan ttabel = 1,67. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang.