Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Lengayang Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Nolli, Pusvita Mulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6470/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6470/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6470/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6470/4/11050021%20-%20NOLLI%20PUSVITA%20MULIA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6470/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan siswa kurang mau berbagi pengetahuan serta proses pembelajaran masih didominasi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Random Terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Lengayang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara tidak acak, terpilih kelas XI IPS2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah 0,85. Hasil analisis diperoleh rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen 65,3 dengan3,41 simpangan1,67baku 15,47 sedangkan rata-rata kelas kontrol 52,5 dengan simpangan baku 17,69. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t satu pihak dengan thitung dan ttabel . Berdasarkan hasil analisis data diketahui kedua kelas sampel berdistribusi normal, homogen dan thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMAN 1 Lengayang.