Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah dan siswa kurang mau bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, bagaimana aktivitas belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe learning starts with a question pada siswa kelas VII SMPN 5 Sijunjung dan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe learning starts with a question lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada sisiwa kelas VII SMPN 5 Sijunjung. Jenis penelitian adalah eksperimen, Populasinya seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Sijunjung Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas VII.C sebagai kelas eksperimen dan VII.A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan non tes yang terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitasnya 0,77. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe learning starts with a question lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional dan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe learning starts with a question tidak terlalu meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas VII SMPN 5 Sijunjung.