Kriteria Rancangan dan Penggunaan Metode Pembelajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Silaut Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Jirus, Sulimin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/646/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/646/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/646/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/646/4/10070082%20JIRUS%20SULIMIN%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/646/ |
Daftar Isi:
- Guru sebagai salah satu sumber belajar berkewajiban menyediakan lingkungan belajar yang kreatif bagi kegiatan belajar anak didik di kelas. Salah satu kegiatan yang harus dilakukan adalah melakukan penentuan dan pemilihan metode. Suatu metode yang digunakan oleh guru untuk mengajar harus benar-benar dikuasai. Sehingga pada saat penggunaannya dapat menciptakan suasana interaksi edukatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kriteria rancangan dan penggunaan serta dampat penggunaan metode pembelajaran di SMAN 1 Silaut terhadap hasil belajar Sosiologi siswa. Dalam penelitian ini, penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, adapun informan dalam penelitian ini adalah guru Sosiologi, perangkat sekolah, dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Silaut Kabupaten Pesisir Selatan. Metodologi dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, yang berusaha mengungkap memahami realitas yang ada di lapangan sesuai dengan kondisi real di lapangan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behavioristik, yaitu proses interaksi antara stimulus dan respon. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder. Teknik analisis data yang dipakai terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan 1) Kriteria rancangan metode pembelajaran oleh guru mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Silaut diantaranya adalah: a) Metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sosiologi, selalu memperhatikan tujuan dari pembelajaran, b) Kesulitan dan kebutuhan materi pembelajaran merupakan dasar guru sosiologi untuk menerapkan metode pembelajaran, c) Jumlah siswa, dengan banyaknya siswa pada setiap kelas rata-rata 30 orang, maka guru memiliki kesulitan dalam melaksanakan metode pembelajaran, dalam artian guru tidak mampu mengelola kelas dengan baik, d) Kemampuan siswa mengakibatkan kesulitan guru dalam mengembangkan metode pembelajaran, karena siswa masih terbiasa dengan metode ceramah dan penugasan, e) Kemampuan guru sosiologi tidak dapat berkembang secara maksimal dalam menerapkan metode pembelajaran karena siswa tidak mampu mengelola metode pembelajaran dengan baik dan fasilitas yang mendukung serta waktu pelajaran yang sempit menjadi penghambat guru dalam melaksanakan metode pembelajaran. 2) Penggunaan metode pembelajaran oleh guru mata pelajaran Sosiologi rata-rata 3 metode pembelajaran yaitu: a) Metode ceramah, b) Metode diskusi kelompok, c) Metode demonstrasi. 3) Dampak pelaksanan metode pembelajaran di SMAN 1 Silaut terhadap hasil belajar Sosiologi siswa tidak secara keseluruhan maksimal. Karena siswa tidak mampu memahaminya dengan baik terutama kelas X. Selain itu, siswa tidak mampu merubah kebiasaannya dari SMP atau MTs. Akan tetapi, guru melakukan metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa dapat memahami semua metode pembelajaran.