Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis Recount Text dalam belajar bahasa Inggris. Pembelajaran Berbasis Proyek adalah sebuah model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran. Dalam kegiatan ini, siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, dan intesis informasi untuk memperoleh berbagai hasil belajar. Desain daalm penelitian ini peneliti menggunakan Tindakan Satu Kelas (one shot case study). Desain ini tidak memiliki kelas eksperimen dan kelas control, hanya satu kelas saja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Lintau Buo. Dalam pengambian sampel, peneliti menggunakan teknik berdasarkan kelompok (cluster sampling). Dari teknik tersebut, didapatkan responden sebanyak 30 siswa yang merupakan siswa kelas XI Mia2. Peneliti memilih siswa XI mia2 sebagai kelas yang akan diberikan treatment. Karena semua kelas normal dan homogen. Berdasarkan data yang didapatkan melalui pretest, treatment dan posttest terhadap recount text. Peneliti melakukan pengelompokan berdasarkan nilai prestest dan posttest. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis recount text di dalam belajar bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa dari pretest ke postets. Dalam penelitian ini pemberian nilai dilakukan oleh 2 orang yaitu dari guru mata pelajaran bahasa Inggris dan peneliti. Rata-rata sebelum diberikan treatment (pretest) 76.41 dan setelah treatment (posttest) 79.03 dari guru matapelajaran. Rata-rata sebelum diberikan treatment(pretest) 76,52 dan setelah treatment (posttest) 80,5 dari peneliti. Kata kunci :Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Siswa Dalam Menulis, Recount Text.