Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamenr (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Tamansiswa Padang Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Melvia, Yunita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6453/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6453/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6453/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6453/4/10050260%20MELVIA%20YUNITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6453/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang masih rendah dan kurangnya tanggung jawab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Tamansiswa Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian total sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilihlah kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk esai. Analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 69,79 dan rata-rata nilai kelas kontrol 48,30. Simpangan baku kelas eksperimen 21,65 dan simpangan baku kelas kontrol 21,10. Simpangan baku kelas eksperimen lebih kecil dibandingkan dengan simpangan baku kelas kontrol. Berdasarkan rata-rata nilai dan simpangan baku kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Padang.