Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) disertai Teknik Roda Keberuntungan Terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 23 Padang
Main Author: | Revista, Maulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6451/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6451/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6451/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6451/4/10050223%20REVISTA%20MAULIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6451/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang termotivasi dalam belajar sehingga pemahaman konsep siswa masih rendah dalam pembelajaran matematika serta pengelompokkan diskusi belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana motivasi belajar matematika siswa dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) disertai Teknik Roda Keberuntungan lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 23 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 23 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilihlah kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa, dan tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematis dengan soal berbentuk essay. Teknik analisa data untuk angket dilakukan dengan mencari persentase motivasi siswa dan untuk pemahaman konsep dengan menghitung skor pemahaman konsep matematis siswa. Hasil analisis data diperoleh dari angket dan tes akhir pemahaman konsep. Data angket motivasi menunjukkan hasil bahwa persentase angket motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, dan untuk tes akhir pemahaman konsep diperoleh nilai thitung = 2,37 dan ttabel = 1,67 dengan α = 0,05, karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) disertai teknik roda keberuntungan lebih baik daripada pemahaman konsep matematis menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 23 Padang.