Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Students Have Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang
Main Author: | Tri, Pandi Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6447/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6447/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6447/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6447/4/10050145%20TRI%20PANDI%20PUTRA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6447/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil belajar siswa yang masih rendah dan kurangnya minat siswa dalam bertanya dalam proses pebelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Untuk itu perlu diupayakan model pembelajaran dan dapat meningkatkan keaktifan siswa. Salah satunya dengan menggunakan Belajar Aktif Tipe Question Studens Have. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan strategi belajar Aktif Tipe Question Studens Have lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Penelitian dengan model rancangan Random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan sampel penelitian ini adalah Kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar dengan reliabelitas adalah 0,8690. Hasil tes akhir diperoleh, kedua kelas sampel dan eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 77,07 dan kelas kontrol 71,10. Statistik uji yang digunakan adalah uji t-satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh P-value= 0,038. P-value < yaitu ( = 0,05), maka hipótesis penelitian diterima dengan taraf kepercayaan 95%. Jadi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang dengan penerapan strategi belajar aktif tipe Question Studens Have lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional.