Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Simpang Alahan Mati Kabupaten Pasaman

Main Author: Selmi, Dirsa Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6442/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6442/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6442/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6442/4/10050103%20SELMI%20DIRSA%20PUTRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6442/
Daftar Isi:
  • Pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan kurang kerja sama diantara siswa dalam memahami materi yang dijelaskan guru melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Simpang Alahan Mati Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Simpang Alahan Mati Kabupaten Pasaman. Teknik pengambilan sampel adalah secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.5 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII.3. Instrumen penelitian adalah 11 tes akhir pemahaman konsep dalam bentuk esai dengan reliabilitas = 0,70. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata tes pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen adalah 76,21, sedangkan kelas kontrol adalah 63,69. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 1,87 dan ini lebih besar dari ttabel = 1,67 maka tolak H0 yang berarti terima H1 sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Simpang Alahan Mati Kabupaten Pasaman Tahun Pelajaran 2015/2016.