Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Yulia, Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6438/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6438/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6438/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6438/4/10050008%20YULIA%20RIZKI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6438/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa tanggung jawab individu siswa dalam diskusi kelompok tidak terlihat dan hasil belajar matematika siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA SMAN 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, terpilih kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk esai dan soal tes dikatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak pada . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA SMAN 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.