Pengaruh Penerapan Strategi Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN17 Sijunjung
Main Author: | Joni, Eka Putera |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6436/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6436/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6436/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6436/4/10050006%20-%20JONI%20EKA%20PUTERA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6436/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 17 Sijunjung yang rendah. Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan menerapkan strategi belajar aktif tipe Index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi belajar aktif tipe Index Card Match lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diterapkan secara konvensional di kelas VIII SMPN 17 Sijunjung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VIII SMPN 17 Sijunjung tahun ajaran 2015/2016 semester ganjil. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga diperoleh kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data yang diperoleh pada ranah kognitif adalah rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih besardari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil ujit pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 2,39danttabel= 1,67, karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak sehingga Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi aktif tipe Index Card Match lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 17 Sijunjung.