Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang percaya diri dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan guru dan hasil belajar matematika siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran teknik spotlight lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 8 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Pariaman Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk esai. Analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Hasil analisis data diperoleh thitung =1,74 dan ttable =1,68. karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik spotlight lebih baik dari hasil belajar pada pembelajaran konvensional kelas VII SMPN 8 Pariaman.