Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Disertai Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Riche, Rialenti Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6426/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6426/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6426/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6426/4/09050185%20-%20RICHE%20RIALENTI%20PUTRI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6426/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah siswa masih belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, pemahaman konsep siswa masih kurang terhadap materi yang dipelajari, pelaksanaan pembelajaran matematika yang dilaksanakan masih berpusat kepada guru (teacher centered), bahan ajar masih kurang seperti buku paket, LKS, dan buku penunjang lainnya.Mengatasinya diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) disertai Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Tujuan penelitianuntuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Assisted Individualization (TAI) disertai Lembar Kegiatan Siswa (LKS) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII MTsNLumpo. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes uraian dengan reliabilitas tes sebesar 0,982.Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen.Rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen 75,13043dengan simpangan baku 21,70945 dan rata-rata kelas control 60,31818 dengan simpangan baku 23,57437. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t satu pihak, diperoleh ttabel = 1,645 dan thitung = 2,19. Karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) disertai Lembar Kegiatan Siswa (LKS)lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Lumpo.