Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang masih rendah dan siswa lebih suka bertanya kepada temanya dari pada kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pengajaran tutor sebaya lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen dan VIII6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir, dengan reliabilitas adalah 0,792. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 73,9 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 64,8. Analisis data dilakukan diperoleh thitung = 2,66 lebih besar dari ttabel = 1,67. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pengajaran tutor sebaya lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 23 Padang.