Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMPN 01 Pagai Utara Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai

Main Author: Holan, Parasian S
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6422/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6422/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6422/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6422/4/09050048%20HOLAN%20PARASIAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6422/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas IX SMPN 01 Pagai Utara Selatan yang rendah serta kurangnya kerjasama antara siswa dalam memahami materi pelajaran yang diberikan guru. Salah satu cara yang digunakan mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas IX SMPN 01 Pagai Utara Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 01 Pagai Utara Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel secara acak, kelas yang terpilih adalah kelas IX1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis berbentuk essay dengan reliabilitas 0,95. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu arah dan diperoleh thitung = 2,77 dan ttabel = 1,671 dengan = 0,05 karena thitung > ttabel, maka hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMPN 01 Pagai Utara Selatan.