Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Persamaan Kuadrat untuk Kelas VIII SMPN 12 Padang
Main Author: | Muhammad, Riko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6421/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6421/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6421/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6421/4/09050023%20-%20MAHAMMAD%20RIKO%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6421/ |
Daftar Isi:
- Pada proses pembelajaran siswa hanya menggunakan satu buku teks dan LKS sebagai bahan ajar. Buku teks tersebut belum memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkontruksikan pemahamannya sendiri dan materi pada LKS disajikan secara ringkas tanpa menjelaskan kepada siswa mengenai proses ditemukannya konsep dari materi persamaan kuadrat. Untuk mengembangkan pengetahuan siswa dibutuhkan bahan ajar pendamping buku teks berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing untuk materi persamaan kuadrat siswa kelas VIII SMPN 12 Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan Model 4-D. Model 4-D terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai 3 tahap, yaitu tahap Define, Design dan Development. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks serta wawancara guru dan siswa. Tahap Design yaitu perancangan LKS. Tahap development yaitu dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas, instrumen yang digunakan untuk validitas yaitu lembar validasi sedangkan instrumen yang digunakan untuk praktikalitas yaitu angket dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validitas LKS berbasis penemuan terbimbing menghasilkan kriteria sangat valid dengan persentase 81,3%. Uji praktikalitas oleh guru menghasilkan Kriteria sangat praktis dengan persentase 83,5% dan uji praktikalitas oleh siswa menghasilkan kriteria sangat praktis dengan persentase 82,54%. Berdasarkan criteria tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis penemuan terbimbing untuk materi persamaan kuadrat sudah sangat valid dan sangat praktis.