Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Air Bangis yang rendah, motivasi siswa dalam belajar kurang serta perhatian siswa kurang ketika guru menerangkan pelajaran. Salah satu cara yang digunakan mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTsN Air Bangis kabupaten pasaman barat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Air Bangis kabupaten pasaman barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel secara acak, kelas yang terpilih adalah kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika berbentuk esai dengan reliabilitas 0,878. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu arah dan diperoleh thitung = 2,41 dan ttabel = 1,675 dengan a = 0,05 karena thitung > ttabel, maka hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII MTsN Air Bangis kabupaten pasaman barat.