The Effect Of Project Based Learning Toward Students' Speaking Achievement
Main Author: | Reggy, Yolanda Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6409/1/14040011%20REGGI%20YOLANDA%20SARI%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6409/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6409/3/CHAPTER%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6409/4/REFERENCES.docx http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6409/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan Pre-experimental design dengan One Group Pretest. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 160 orang siswa dari lima kelas yaitu XIMIPA1, XIMIPA2, XIMIPA3, XIMIPA4, dan XIMIPA5.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel mengacu pada kelompok, bukan pada individu dan kelas yang terpilih adalah XIMIPA3 sebagai kelas treatment. Perlakuan yang diberikan sebanyak delapan kali pertemuan dengan menggunakan Project Based Learning dalam proses pengajaran di kelas. Peneliti menggunakan instrumen Speaking Test untuk pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis data dari speaking test siswa (pretest and posttest), maka dapat dilihat bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis yang terjadi pada siswa yang diukur dengan pengujian hipotesis atau uji ttable. Setelah dilakukan pengujian melalui percakapan oleh siswa dengan menggunakan ungkapan suggestions and offering, maka diperoleh mean score dari pretest 72,84 dan mean score dari posttest 77,52 dengan perbedaan (D)= Posttest – Pretest= 4,68. Kemudian, peneliti memperoleh tcalculated 12,65 lebih besar dari ttable 2,042 (the level of significant 5%). Dapat disimpulkan bahwa Project Based Learning memberikan efek yang significant terhadap prestasi siswa kelas XIMIPA3 Padang, dalam belajar Bahasa Inggris, khususnya dalam kemampuan berbicara. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Prestasi berbicara