Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Oci, Yulia Mandari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6399/4/14010102-OCI%20YULIA%20MANDARI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6399/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6399/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6399/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6399/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, dalam proses pembelajaran sudah ditetapkan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik tetapi masih banyak siswa yang kurang terlihat aktif dalam belajar. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning disertai media gambar terhadap hasil belajar siswa biologi kelas x pada ranah kognitif di SMAN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.Jenis penelitian ini eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMAN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Postest Only Design. Kelas eksperimen XMIA 5 dan kelas kontrol XMIA4 yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian pada ranah kognitif soal pilihan ganda. Teknik analisis data ranah kognitif menggunakan uji-t dengan kriteria thitung>ttabel. Pada ranah kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen 86,6 (A) dan kelas kontrol 68,0 (C). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning disertai media gambar dapat meningkatkan hasil Belajar BiologiSiswa Kelas X SMAN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.