Daftar Isi:
  • Hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 23 Padang pada materi Zat Aditif pada Makanan berada dibawah criteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan pada tahun pelajaran 2017/2018 yaitu 75.Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan siswa kurang aktif dalam belajar dan siswa hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru, siswa kurang termotivasi untuk membaca materi pem belajaran. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Survey, Quesion, Read, Recite and Review (SQ3R) Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang yang terdaftar padatahunpelajaran 2017/2018.Pengambilansampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol.Intrumen dalam penelitian ini pada ranah afektif berupa observasi sikap, salingmenghargaidanbertanggung jawab, intrumen pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda melalui tes tertulis, dan intrumen pada psikomotor berupa laporan pengamatan.Penilaianranahafektif dilihat dari 2 aspek pengamatan yaitu saling menghargai dan bertanggung jawab, penilaian ranah kognitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 24 butir soal dan ranah psikomotor 2 aspek penilaian kelengkapan isi laporan, kerapian, kebersihan dan kejelasan penulisan. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil tes belajar biologi siswa yaitu nilai rata-rata pada ranah kognitif kelas eksperimen adalah 69,14 dankelaskontrol adalah 60,90. Uji t diperoleh thitung1,77>ttabel1,68 maka hipotesis pada ranah kognitif H1diterima. Pada ranaha fektif diperoleh nilai pada kelas eksperimen adalah 80,24 dan kelas kontrol adalah 77,78. Uji t diperoleh thitung 1,56<ttabel 1,66 maka hipotesis pada ranah sikap H1 ditolak. Pada ranah psikomotor nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 64,65 dan kelas control adalah 78,66. Uji t diperolehthitung -2,44<ttabel 1,66 maka hipotesis pada ranah psikomotor H1ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) dapat meningkakan hasil belajar pada ranah kognitif sedangkan pada ranaha fektif dan psikomotor tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMPN 23 Padang TahunPelajaran 2017/2018.