Students’ Ability on Identifying Synonym and Antonym for Enriching Vocabulary in Reading Class (A Study at the Second Year Students of Academic Year 2016/2017 in English Department of STKIP PGRI Sumatera Barat)

Main Author: Wiwit, Tri Susanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6397/4/%2813040231%29WIWIT%20TRI%20SUSANTI%20%28THESIS%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6397/1/3.ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6397/2/4.CHAPTER%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6397/3/5.References.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6397/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa pada kelas membaca tahun ketiga bahasa inggris STKIP PGRI Sumatera Barat tahun ajaran 2016/2017. Peneliti mengambil tiga kelas untuk diteliti dengan menggunakan teknik random sampling untuk memilih partisipan sebagai sampel. Total populasi pada kelas membaca tahun ketiga bahasa inggris STKIP PGRI Sumatera Barat tahun ajaran 2016/2017 adalah 83 siswa, yang terdiri dari tiga kelas. Peneliti memilih setengah dari jumlah siswa dari tiga kelas yaitu 41 siswa sebagai kelas untuk try out, dan setengah jumlah siswa dari tiga kelas yaitu 42 siswa sebagai kelas yang akan diberikan test. Dalam mengumpulkan data peneliti melakukan tes kepada 42 siswa dengan memberikan soal untuk melihat kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sinonim dan antonim pada kelas membaca. Berdasarkan rata-rata persentase dari tes pertama dan kedua di dapatkan bahwa hasil analisa data (23%) yang memperoleh kemampuan tinggi, (62%) yang memperoleh kemampuan sedang, dan (15%) yang memperoleh kemampuan rendah. Dari hasil yang telah diperoleh oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengidentifikasi sinonim dan antonim pada kelas membaca adalah sedang/menengah. Kata Kunci: Kemampuan dan Mengidentifikasi Sinonim dan Antonim.