An Analysis Of Factors Influancing Student's Extrinsic Motivation In Learning English At SMPN 3 Sungai Abu, Solok Regency Academic Year 2018/2019

Main Author: Umul, Fatya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6395/4/13040205%20UMUL%20FATYA%20%28THESIS%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6395/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6395/2/CHAPTER%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6395/3/REFERENCES.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6395/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi ekstinsik siswa kelas sembilan di SMP N 3 Sungai Abu, Kabupaten Solok dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan partisipannya adalah siswa kelas sembilan SMP N 3 Sungai Abu, Kabupaten Solok yang berjumlah 40 orang. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan dua instrumen yakni; Angket dan Wawancara. Teknik sampling yang peneliti gunakan adalah purposive sampling yang mana setelah penyebaran angket, peneliti hanya mewawancarai partisipan yang memiliki skor tinggi berdasarkan hasil angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi ekstrinsik siswa dalam belajar bahasa Inggris adalahanxiety of punishment, reward, parents’ role, teachers’ role, dan environment. Disamping itu, ada satu faktor paling mendominasi dalam mempengaruhi ekstrinsik motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris yakni peranan orangtua (Parents’ role)dengan dengan persentase dari skor tertinggi adalah 80% yang artinya 32 dari 40 siswa selalu mendapatkan dukungan dari orangtua mereka dalam perkembangan belajarnya. Hasil dari sesi wawancara juga menunjukkan respon positif responden terhadap peranan orangtua dalam memotivasi belajar. Jika dibandingkan dengan faktorlain seperti anxiety of punishment (42.5%), reward (35%), teachers’ role (62.5%), dan environment (47.5%), parents’ role lebih mendominasi dengan persentase pengaruh 80%. Kata Kunci: Motivasi, Motivasi Ekstrinsik.