Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Ampek Nagari
Main Author: | Ulfa, Mi Ulfa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6393/2/ULFA%20MI%20ULFA%2014010098%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6393/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6393/3/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6393/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6393/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, Kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar sehingga pembelajaran bersifat pasif, dalam proses pembelajaran guru belum menerapkan model pembelajaran, namun guru sudah menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, tetapi hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Media Gambar pada Ranah Afektif, Ranah Kognitif, dan Ranah Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Ampek Nagari. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group-Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif adalah tes akhir dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 58 butir soal. Pada Ranah Afektif menggunakan lembar observasi sikap, dan Pada Ranah Psikomotor menggunakan penilaian laporan hasil diskusi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XIIPA_2 sebagai kelas eksperimen dan XIIPA_3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji-t^' pada ranah afektif dan ranah kognitif serta uji-t pada ranah psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan pada ranah afektif kelas eksperimen dengan predikat Baik (81,25) sedangkan pada kelas kontrol berada pada predikat Cukup (62,50). Dari uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t^' didapatkan hipotesis diterima. Pada ranah kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 85,69 dan 68,03. Dari uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t’ didapatkan hipotesis diterima. Pada ranah psikomotor rata rata kelas eksperimen 44,61 dan kelas kontrol 46,35. Dari uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t didapatkan hipotesis ditolak. sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah Afektif dan Ranah Kognitif dan tidak dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada Ranah Psikomotor kelas XI SMAN 1 Ampek Nagari.