Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai LKPD terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 6 Solok Selatan
Main Author: | Siti, Muarofah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6388/4/14010091-SITI%20MUAROFAH%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6388/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6388/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6388/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6388/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, kurangnya interaksi dengan teman dan juga guru dalam proses pembelajaran , kurangnya bahan ajar dan media yang digunakan sehingga dari hal diatas, membuat hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu yang dapat diterapkan guru untuk mengatasi msalah tersebut dengan menerapkan model pembelajarn Inkuiri Terbimbing disertai LKPD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri Terbimbing disertai LKPD terhadap hasil belajar biologi kelas XI SMA N 6 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 6 Solok Selatan yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, sehingga didapatkan kelas eksperimen XI IPA.2, dan kelas control XI IPA.1 Data penelitian adalah hasil belajar siswa pada ranah afektif berupa penilaian diri dan antar teman, ranah kognitif berupa soal pilihan ganda yang telah divalidasi, sedangkan pada ranah psikomotor berupa LKPD. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogentias dan uji-t. Pada ranah afektif thitung=1,35 sedangkan ttabel=1,68 sehingga hipotesis ditolak. Pada ranah kognitif thitung=2,39 sedangkan ttabel=1,68 sehingga hipotesis diterima. Pada ranah psikomotor thitung=-0,44 sedangkan ttabel=1,68 sehingga hipotesis ditolak. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai LKPD sudah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif tetapi pada ranah afektif dan psikomotor belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA N 6 Solok Selatan pada materi sistem regulasi tahun pelajaran 2017/2018.