Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Singingi Kabupaten Kuantan Singingi

Main Author: Efriani, Efriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6387/4/14010089-EFRIANI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6387/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6387/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6387/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6387/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, guru kurang menggunakan media yang bervariasi dalam proses belajar mengajar, masih banyak siswa yang tidak mengeluarkan pendapatnya, mengajukan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan, sehingga belum mengaktifkan siswa dalam belajar. Kondisi ini dikarenakan rendahnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai video terhadap hasil belajar biologi kelas X SMA N 1 Singingi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Singingi yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling didapatkan kelas eksperimen X IPA 1, kelas kontrol X IPA 2 . Instrumen dalam penelitian ini pada ranah afektif berupa penilaian dengan lembar observasi, dan instrumen pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda yang telah divalidasi, sedangkan pada ranah psikomotor berupa laporan. Teknik analisis data pada ranah afektif dan ranh kognitif menggunakan Uji-t dan pada ranah psikomotor menggunakan Uji-t’. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan analisis data penilaian ranah afektif kelas eksperimen dengan predikat baik (80,66), sedangkan pada kelas kontrol dengan predikat cukup (67,24), dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan thitung=3,06 sedangkan ttabel =1,67, berarti thitung >ttabel, dengan demikian hipotesis diterima(H_1). Analisis data penilaian ranah kognitif kelas eksperimen dengan predikat sangat baik (91,04), sedangkan kelas kontrol dengan predikat baik (79,4), dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan thitung =7,68 sedangkan ttabel=1,68, berarti thitung>ttabel, dengan demikian hipotesis diterima (H_1). Analisis data penilaian ranah psikomotor pada kelas eksperimen dengan predikat baik (81,25) dan kelas kontrol dengan predikat baik (74,14), dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan thitung =2,96 sedangkan ttabel=1,67, berarti thitung >ttabel, dengan demikian hipotesis diterima (H_1). Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai video berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor kelas X IPA SMAN 1 Singingi pada materi perubahan lingkungan tahun pelajaran 2017/2018.